© 2016  www.wisata-baturaden.com




“Terima kasih telah berkunjung ke website saya, semoga memberikan informasi yang bermanfaat”

Curug Pengantin


Air terjun pengantin atau curug pengantin merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Mungkin memang belum terkenal seperti curug curug lain di Banyumas, namun air terjun ini tak kalah indahnya dari yang lain. Air terjun ini berjarak 8 km dari kecamatan Wangon. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 m.


Debit air di air terjun ini cukup besar bila sedang musim penghujan, namun jika kemarau debit airnya tidak begitu besar, namun tidak pernah kering. Akses jalan menuju air terjun ini tidak begitu sulit, namun perlu kewaspadaan dan kehati hatian. Untuk menuju ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan bermotor, namun harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 800 m.


Curug Pengantin Banyumas ini masih bisa terbilang sepi dan sekitar 8 kilometer dari Kecamatan Ajibarang. Jalannya pun menanjak dan belum diaspal. Walaupun seperti itu, air di curug ini tak pernah kering dan selalu mengalir airnya baik musim hujan maupun kemarau. Jika dilihat dari ketinggiannya, air terjunnya tidak setinggi air terjun lainnya di wilayah Indonesia yaitu hanya sekitar 2 m .


Namun yang istimewa dari air terjun ini lantaran warga yang tinggal di sekitaran air terjun itu mempercayai mitos tentang curug ini yaitu apabila  mandi di Curug Pengantin ini bisa untuk menolak bala atau kesialan. Selain itu,jika kita mandi di sini dapat mempercepat dapat jodoh.

Curug ini berjarak  40 km dari kota Purwokerto atau 8 km dari Kecamatan Wangon.